Perdana Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) MTs Wali Songo Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Jambi

MTs Wali Songo Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Jambi yang beralamat lengkap di Jln Merak Desa Sapta Mulia/Unit 7 Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Provinsi Jambi menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) . Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari berturut turut pada hari Selasa – Rabu tggl 12 – 13 September 2023.
Acara pembukaan diawali dengan sambutan pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum (lembaga yang membawahi MTs dan MA Wali Songo) KH. Aris Kamaluddin Mujianto.Bimtek Kurikulum Merdeka dan IKM ini dihadiri oleh kepala Kankemenag Kabupaten Tebo, H. Julan, S.Ag., M.Pdi yang diwakilkan staf Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Tebo Khoirul Amri, SH.i, Ketua Kelompok Pengawas Madrasah (Kapokjawas) Kankemenag Kabupaten Tebo Drs.Taupik Depati,S.Pd, M.Pdi, Ketua KKMTs Kecamatan Rimbo Bujang yang juga sekretaris KKMTs Kabupaten Tebo, Kholis Mawardi,S.Ag,S.Pd yg berstatus Kepala MTs Darul Hikam Rimbo Ulu dan para Kepala MTs Se KKMTs Rimbo Bujang (antara lain tampak hadir Hari Pamuji, S.Pdi Kepala MTs Syafi’iyah Darussalam Rimbo Bujang, Budhiarto,SHi Kepala MTs At taqwa, Subani, S.Pd kepala MTs Syifaul Qulub, Setiono, S.Pd kepala MTs Fathul Huda, M.Nurdin, SE kepala MTs An Nasriyah, Robiatul Adawiyah Jr,S.Pd.i kepala MTs Darul Ulum, Marfuatun,S.pdi kepala MTs Al Inayah, Apri Yuwanti, S.Pd kepala MTs Bina Bangsa, Nor Hasanah, S. Pdi kepala MTs Ar Raudhah, Eni Setyo Rahayu S.Pdi kepala MTs Raudhatul Mujawwidin, Abangatun Kepala MTs Fathul Ulum, Kepala MTs Darul Ulum Tirta Kencana Devia,S. Pd, Deashinta Amin Zubaidi Kepala MTs Darul Falah dan Suhaimi, S.Pdi kepala MIN 4 Tebo beserta para Wakil Kurikulum Se KKMTs Rimbo Bujang sebagai peserta) dan Majelis Guru MTs dan MA Wali Songo.

Dalam sambutannya, Khoirul Amri menyampaikan permohonan Maaf dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tebo dan Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab Tebo. yang seyogyanya beliau berdua ( H.Julan, S Ag M.Pdi dan Rawanuddin M.Pdi) akan hadir dalam acara ini, namun karena beliau berdua sedang tugas dinas luar, maka beliau Mohon Maaf dan memandatkan tugas tersebut kepada saya. Kemudian Khairul Amri menyebutkan bahwasanya berbagai macam rupa kurikulum yang pernah diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia dan terus mengalami perubahan. perubahan kurikulum itu kata Khairul merupakan kebijakan pemerintah guna menyiapkan generasi bangsa menghadapi dunia yang terus berkembang dengan memenuhi kebutuhan keilmuannya.

“Cara penyampaiannya jauh lebih penting dari materinya”, ujarnya. Khairul lalu memberikan motivasi pada para peserta Bimtek Kurmer IKM ini dalam menanggapi perubahan kurikulum untuk menggunakan berbagai macam media komunikasi yang dekat dengan peserta didik. dan hendaklah para peserta untuk menggali ilmu dari para narasumber semaksimal mungkin.

Nara sumber pada kegiatan ini disebutkan Usmansyah,S. Pd sang Kepala MTs Wali Songo yg juga bertindak selaku penanggung jawab kegiatan adalah saudari Okt.si, SPd yg berprofesi sebagai pendidik dan fasilitator daerah dari Kabupaten Merangin, Ketua Kelompok Pengawas Madrasah (Kapokjawas) Kankemenag Kabupaten Tebo Drs.Taupik Depati,S.Pd, M.Pdi,
Dalam kesempatan kegiatan Bimtek Kurmer ini Selaku ketua KKMTs Kholis Mawardi berharap kegiatan yang diikuti oleh 52 orang peserta ini dapat berlangsung dengan lancar.

“Silakan kegiatan ini diikuti dengan baik, semoga mendapat pencerahan tentang IKM dan dapat melaksanakannya di madrasah masing-masing”, pungkas Kholis.(panggilan keseharian Kholis Mawardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *