Pembukaan Pelatihan PKB KKMTs Kab Tebo

Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) KKMTs Kab Tebo dibuka secara resmi oleh Bapak H. Julan, S.Ag,M Pd.I Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tebo. Acara yang diselenggarakan di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama Kabupaten Tebo ini diikuti oleh 16 orang Kepala Madrasah Tsanawiyah anggota KKMTs Kab Tebo pada hari Kamis,15 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Bapak Haji Julan menjelaskan bahwa Kementerian Agama telah membuat 4 Komponen Program Kementerian Agama. Pertama adalah penerapan sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) secara nasional dan pemberian dana bantuan untuk madrasah. Kedua, penerapan sistem penilaian hasil belajar di tingkat Madrasah secara nasional dengan adanya Raport Digital Madrasah (RDM). Ketiga, kebijakan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk guru dan tenaga kependidikan di madrasah. Keempat, penguatan sistem untuk mendukung pengembangan kualitas.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Kemenag Kab Tebo mengimbau agar ke-4 Komponen Program Kementerian Agama tersebut dapat disukseskan bersama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan madrasah.

“Ini adalah sebuah program besar dari Kementerian Agama yang harus kita sukseskan bersama untuk meningkatkan kualitas mutu sebuah pendidikan, khususnya madrasah,” terang dia. Terlebih sebagai Kepala Madrasah sebagai Top leader di Madrasah maka beliau menghimbau agar Kepala Madrasah sebagai peserta pelatihan hendaknya bersemangat dan fokus dalam mengikuti seluruh rangkaian acara PKB. Selanjutnya, apa yang didapat dari pelatihan harus diterapkan di madrasah masing-masing. “Yang kita hadapi sekarang adalah generasi millenial. Maka sebagai Kepala Madrasah dan juga guru kita harus kreatif dan inovatif.” Demikian salah satu pesan beliau dalam arahannya ketika membuka acara secara resmi

Dalam laporan panitia Syahrul,S.Pd (Ketua KKMTs Kab Tebo) menyampaikan bahwasanya PKB yang sumber dananya dari Kelompok Kerja (Pokja) penerima dana bantuan REP-MEQR Tahun 2022 tahap III wilayah Kementerian Agama Kabupaten Tebo yakni KKM 001 Tebo dg Peserta 16 Kepala MTs di lingkungan Kementerian Agama Kab Tebo terdiri dari Kepala MTs Negeri 2 orang, 2 orang Kepala MTs Definitif dan 14 orang Kepala MTs Swasta.
Sebelum Pembukaan pelatihan PKB ini, telah pula dilaksanakan serentak MGMP IPA MTs, MGMP B. INDONESIA MTs, dan MGMP B. Inggris MTs masing masing bertempat di lingkungan Pondok Pesantren yakni di MTs Al Inayah, MTs Raudhatul Mujawwidin dan MTs Syafi’iyah Darussalam Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, serta tahun yg lalu telah pula dilaksanakan kegiatan PKB MGMP Matematika (Kelompok Kerja (Pokja) penerima dana bantuan REP-MEQR Tahun 2022 tahap I)
yg ditempat di MTs Assalam.
Kegiatan ini akan dilaksanakan per Pokja dan Pengelolaan kegiatan diserahkan kepada masing-masing Pokja.

Sementara di hari yg sama, maka Rawanuddin,M.Pd.I sang Kasi Penmad menyampaikan dan mewanti-wanti kepada peserta agar setelah pelaksanaan PKB harus ada progres peningkatan mutu untuk diaplikasikan pada pembelajaran. Guru harus senantiasa berinovasi dan berkreasi agar bisa mencetak generasi emas diera jejak digitalisasi ini.
Turut hadir dalam acara ini adalah Kapokjawas Kankemenag Kab Tebo Drs.Taufik Depati,S.Pd,M.Pd, Ketua KKMA dan KKMI Kab Tebo (Purwadi, S.Pd dan Agus Wantoro,S.Pd.I).


Selanjutnya setelah Pembukaan dan In Satu PKB KKMTs Kab Tebo ini akan dilanjutkan dan berlangsung hingga 24 Desember 2022 di MTs Assalam; dan Alhamdulillah berlangsung lancar dan sukses dipandu oleh MC handal Robiahtla Adawiya, Jr dan tentunya berkat kekompakan dan kerja sama para Kepala Madrasah SE KKMTs Kab Tebo beserta panitia dan Tiem Work yg di komando oleh Kholis Mawardi dan Syahrul selaku pasangan Ketua dan Sekretaris KKMTs Kab Tebo. Demikian urai Sekretaris KKMTs Kab Tebo dikesempatan akhir penutupan Pembukaan Pelatihan PKB KKMTs Kab Tebo ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *