Fatma Aulia Kafi siswi MTs Darul Hikam Rimbo Ulu Kab Tebo meraih Juara I KSM Tingkat Provinsi Jambi dan berhak Go KSM Nasional di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara

Muara Tebo;Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah merupakan kompetisi yang digagas oleh Kementerian Agama untuk mengembangkan kemampuan penguasaan sains pada siswa madrasah indonesia.
Dalam KSM tingkat Provinsi Jambi yang telah dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (05-06/08/2023) yg bertempat di MTsN 2 Kota Jambi dan MAN 2 Kota Jambi.
Fatma Aulia Kafi siswi MTs Darul Hikam Rimbo Ulu Kab Tebo merupakan Salah satu dari 55 peserta KSM kontingen/kafilah Kabupaten Tebo yang mampu meraih Juara I KSM Tingkat Provinsi Jambi, sehingga Kafi (demikian panggilan sehari hari Fatma Aulia Kafi di Pondok Pesantren Darul Hikam) berhasil mempersembahkan medali Emas /uara I di bidang IPA Terintegrasi dan mendapatkan Tiket Go KSM Nasional di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.
Prestasi Kafi yg mengharukan ini
sangat membanggakan bagi warga Madrasah MTs Darul Hikam, keluarga besar Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikam dan umumnya keluarga Kementerian Agama Kabupaten Tebo Sebagaimana hal ini diungkapkan oleh Kholis Mawardi’S.Ag, S.Pd selaku Kepala MTs Darul Hikam, ia menambahksn bahwasanya prestasi Kafi ini selain membanggakan juga dapat diambil hikmah yg positif dan menjadi motivasi, pelecut semangat untuk semakin meningkatkan prestasi bagi warga Madrasah disemua jenjang MI, MTs dan MA dimanapun Madrasah itu berada yakni di desa maupun di kota. Kesuksesan Kafi ini terwujud adalah berkat anugerah agung Alloh SWT dan berkah dari gigihnya Kafi dalam mempersiapkan diri menghadapi KSM mulai dari Tingkat Satuan pendidikan, tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional ini, selain itu tentunya tidak lepas dari upaya bimbingan, pelatihan dan doa para guru, Kepala Madrasah,Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam hingga Orang tua Wali Santri yang bersangkutan.
Ajang KSM ini, sebagaimana dikatakan Muh Isom Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Madrasah, adalah merupakan ajang yang efektif dan strategis dalam rangka memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Nilai tambah yang menjadi distingsi dari KSM adalah model soal yang tidak hanya fokus pada sains tetapi juga dintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman yang merupakan penciri dari pendidikan di madrasah.

“Antara ilmu agama dan sains menjadi sebuah tantangan dalam gagasan integrasi sains dan keislaman yang diusung KSM sehingga akan mencetak generasi yang memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi setiap siswa madrasah,” ujarnya.
peserta yang menjadi juara KSM tingkat provinsi yang berhak mengikuti KSM tingkat Nasional

Pelaksanaan KSM 2023 tingkat Nasional akan dilaksanakan pada 3 – 7 September 2023. Bagi peserta yang dinyatakan lolos untuk mencetak Kartu Peserta dan mempelajari petunjuk pelaksanaan KSM tingkat Nasional dapat diunduh pada tanggal 28 Agustus 2023.

Peserta dihimbau untuk login menggunakan akun Madrasah/Sekolah untuk melihat rincian skor dan mengunduh sertifikat juara dan sertifikat Peserta KSM Tingkat Provinsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *